Menu

Dark Mode
Akibat Perubahan Iklim Ekosistem Laut Indonesia

Politik Nasional

KPU Bawa Putusan MK ke DPR, Jalan Tengah Pilkada Dibuka?

badge-check


KPU Bawa Putusan MK ke DPR, Jalan Tengah Pilkada Dibuka (gambar ilustrasi britaduatiga.com/Agustus2024) Perbesar

KPU Bawa Putusan MK ke DPR, Jalan Tengah Pilkada Dibuka (gambar ilustrasi britaduatiga.com/Agustus2024)

KPU Bawa Putusan MK ke DPR, Jalan Tengah Pilkada Dibuka?

KPU Kirim Putusan MK ke DPR, Suasana Politik Memanas

britaduatiga.com, KPU Bawa Putusan MK ke DPR – Menjelang pagi yang dingin berubah panas, berita seputar politik nasional beredar di media sosial. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengambil langkah penting dengan membawa putusan Mahkamah Konstitusi (MK) ke DPR. Putusan ini terkait dengan Revisi Undang-Undang Pilkada yang sempat dibatalkan oleh DPR setelah adanya aksi massa besar yang menolak revisi tersebut pada Kamis, 22 Agustus 2024.

Dalam keterangan resminya, Pelaksana tugas (Plt) Ketua KPU, Mochammad Afifuddin, menegaskan bahwa KPU telah mengirim surat konsultasi ke Komisi II DPR RI. Surat ini berisi kesepakatan untuk mengimplementasikan putusan MK Nomor 60/PUU-XXII/2024 dan 70/PUU-XXII/2024.

Clickadu

Keputusan DPR Batal, KPU Bergerak Cepat

Kabar mengenai batalnya pembahasan RUU Pilkada pertama kali diungkap oleh Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, melalui unggahan di media sosial pribadinya. Merespons cepat berita ini, KPU segera menggelar konferensi pers untuk menegaskan kesiapan mereka dalam mengadaptasi putusan MK tersebut.

Afifuddin memastikan bahwa konsultasi dengan Komisi II DPR RI akan segera dilakukan. “Insyaallah, Senin 26 Agustus 2024, kami sudah menjadwalkan konsultasi tersebut,” ujar Afif di kantor KPU, Jakarta Pusat.

Waktu yang Kian Mepet dengan Jadwal Pilkada

Rencana konsultasi ini sangat berdekatan dengan jadwal pendaftaran calon kepala daerah atau Pilkada yang dibuka pada 27-29 Agustus 2024. Meski demikian, Afifuddin menegaskan bahwa putusan MK sudah berlaku sejak dibacakan, dan KPU siap menjalankannya tanpa penundaan.

KPU Bawa Putusan MK ke DPR, Jalan Tengah Pilkada Dibuka

KPU Bawa Putusan MK ke DPR, Jalan Tengah Pilkada Dibuka (gambar ilustrasi britaduatiga.com/Agustus2024)

Belajar dari Masa Lalu, KPU Tak Ingin Terulang Kesalahan

KPU memilih untuk melakukan konsultasi dengan DPR sebagai upaya menghindari kesalahan yang pernah terjadi pada Pilpres dan Pileg sebelumnya. Saat itu, KPU menerima teguran dari Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP) karena mengadaptasi putusan MK tanpa konsultasi dengan DPR, yang akhirnya memicu kontroversi terkait pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai wakil presiden.

Dalam kasus terkini, putusan MK menutup peluang bagi putra bungsu Presiden Joko Widodo untuk maju dalam Pilkada sebelum masa jabatan presiden berakhir. Putusan ini juga mengubah ambang batas suara partai politik untuk mengusung calon kepala daerah, yang diprediksi akan membuka peluang bagi lebih banyak kandidat dalam Pilkada Jakarta mendatang.

Gelombang Protes dan Batalnya Revisi UU Pilkada

Sementara itu, desakan dari rakyat melalui aksi massa besar di berbagai kota pada Kamis, 22 Agustus 2024, berhasil membatalkan rencana DPR untuk merevisi UU Pilkada. Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, menyebut bahwa pembatalan tersebut murni terjadi karena tidak terpenuhinya tata tertib persidangan, bukan semata-mata tekanan aksi massa.

Dengan batalnya revisi tersebut, keputusan MK yang mengabulkan gugatan dari Partai Buruh dan Partai Gelora akan tetap berlaku saat pendaftaran Pilkada dimulai pada 27 Agustus 2024.

Jalan Tengah Pilkada, KPU Siapkan Draf Revisi

Setelah berkonsultasi dengan DPR, KPU akan segera menyiapkan draf revisi Peraturan KPU (PKPU) mengenai pencalonan kepala daerah. Afifuddin menegaskan bahwa langkah ini adalah tindak lanjut dari putusan MK yang sudah dikomunikasikan dengan DPR dan pihak terkait.

“Kami ingin memastikan bahwa seluruh prosedur tertib, sehingga tidak ada lagi permasalahan di kemudian hari,” ujar Afifuddin. Dengan demikian, KPU berkomitmen untuk menjalankan putusan MK sesuai dengan aturan yang berlaku, sembari terus berkonsultasi dengan DPR untuk memastikan semuanya berjalan lancar.

Pagi yang dingin mungkin akan segera memanas dengan berbagai dinamika politik yang terus bergulir. Keputusan-keputusan besar yang diambil hari ini akan sangat menentukan arah Pilkada di masa mendatang.

KPU Bawa Putusan MK ke DPR, Jalan Tengah Pilkada Dibuka

KPU Bawa Putusan MK ke DPR, Jalan Tengah Pilkada Dibuka (gambar ilustrasi britaduatiga.com/Agustus2024)

Kesan dan Harapan Masyarakat

Di tengah arus deras politik yang terus bergolak, masyarakat Indonesia berharap keputusan ini membawa angin segar bagi demokrasi. Di hati mereka, tersimpan harapan akan terbitnya keadilan yang merata dan transparansi yang dijunjung tinggi. Bukan sekadar hitam putih dalam aturan, namun ada warna kebijaksanaan yang melingkupi setiap langkah yang diambil. Masyarakat rindu melihat Pilkada yang bukan hanya menjadi ajang perebutan kekuasaan, tetapi juga sebagai cerminan tekad bersama untuk membangun negeri yang lebih baik, di mana suara-suara kecil tetap bergema dan didengar oleh mereka yang duduk di kursi pemerintahan. (yb)**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read More

Hore! Pengumuman CPNS Kemenag-Kemendikbud 2024 Sudah Keluar, Yuk Cek Hasilnya Biar Gak Ketinggalan!

18 September 2024 - 06:06 WITA

Pengumuman CPNS Kemenag-Kemendikbud Udah Keluar! Nih, Cara Ceknya Biar Gak Ketinggalan

3,9 Juta Bersaing, 599 Ribu Tersingkir! Hasil Akhir Pendaftaran CPNS 2024

17 September 2024 - 15:13 WITA

3,9 Juta Bersaing, 599 Ribu Tersingkir! Hasil Akhir Pendaftaran CPNS 2024

Andi Rian Desak Kapolri Tegur Kapolda Sulsel Usai Dugaan Intimidasi Wartawan

16 September 2024 - 14:09 WITA

Andi Rian Desak Kapolri Tegur Kapolda Sulsel Usai Dugaan Intimidasi Wartawan

Isu Tambahan Menteri Era Prabowo dan Jatah 5 Menteri PAN, Apa Kata Zulhas dan Bamsoet?

11 September 2024 - 14:28 WITA

Isu Tambahan Menteri Era Prabowo dan Jatah 5 Menteri PAN, Apa Kata Zulhas dan Bamsoet?

Mengapa Selama 40 Hari, Jokowi Ngantor di IKN Hingga Purnatugas

9 September 2024 - 11:48 WITA

Mengapa Selama 40 Hari, Jokowi Ngantor di IKN Hingga Purnatugas
Trending on News